REM MASUK ANGIN: Buang Angin Lewat Penutup Caliper



Rem cakram sepeda motor bekerja secara hidrolik. Yaitu dengan dorongan minyak yang dipompa. Dalam konf]disi tertentu, angin atau gas bisa menyusup ke dalam selang rem. Sehingga  membuat kepadatan minyak menjadi tidak maksimal. Gas bisa muncul akibat minyak rem mendidih yang menimbulkan buih.

Proses pengereman yang berangsung intensif dan sering akan menghasilkan panas. Nah, jika brosis menggunakan minyak rem yang tidak sesuai dengan standar, maka risiko minyak berubah menjadi gas tidak terelakkan. Rem mengalami masuk angin ditandai dengan gejala daya cengkeram yang tidak maksimal. Meskipun tuas rem sudah dibetot kuat.

Sebagai salah satu langkah mengantisipasi hal itu, brosis disarankan menggunakan minyak rem degan spesifikasit DOT3 atau DOT4. Semakin besar angkanya, kian tinggi pula titik didihnya. Sehingga rem menjadi tidak mudah masuk angin.

Lantas bagaimana jika suatu saat rem cakram mengalami blong akibat masuk angin? Langkah apa yang harus dilakukan? Menurut penuturan Angsi Darwin, dari Bengkel Tekuplak, di Cileduk, Tangerang, Jawa Barat, dalam kondisi darurat rem masuk angin bisa diatasi dengan cara membuang udara yang terjebak di dalam selang hingga di bagian caliper sampai tuntas.

Caranya mudah dilakukan. Brosist bisa membuka penutup kaliper menggunakan kunci 8. Kemudian tekan tuas rem sampai metok. Jika saat tersebut muncrat berarti terdapat udara di dalamnya. Kemudian menutupnya kembali dengan menahan tuas rem pada posisi tarikan maksimal (mentok) sembari mengencangkan mur pengikat katup. Setelah itu rem dimainkan pada posisi normal.