MUD GUARD: Solusi Cerdas Pengganti Spakbor



Cipratan lumpur itu tak jarang mengakibatkan pakaian boncenger atau malah rider sendiri berubah manjadi “Batik”. Penuh dengan noda-noda jalanan yang terbawa oleh air dan lumpur jalanan. Tak hanya itu, cipratan air kotor juga sering menerpa bagian undertail sepeda motor. Akibatnya, bagian itu menjadi terlihat kumal pada saat musim hujan tiba. Untuk sepeda motor yang posisi akinya berada di bawah jok, dekat undertail, semburan air hujan sering menembus bagian tersebut. Akibatnya air tersebut berpotensi membawa kotoran dan dapat juga memicu terjadinya korsleting.

Belum lagi, jika yang terkan cipratan tersebut adalah pengendara lain yang berada di belakang kendaran yang bro sist kenadarai. Tentu saja bisa membahayakan mereka. Banyak pengendara yang tak suka dengan pengendara lain yang mencopot spakbor belakang. Pasalnya, motor tersebut berpotensi menyemburkan air kotor yang mengarah ke belakang, dan berpotensi mengenai pengendara di belakangnya.

Ada baiknya Brosist mempertimbangkan hal tersebut sebelum emnyopot spakbor. Salah satu solusi yang bisa ditempuh yaitu dengan memasang mud guard. Bentuknya keren. Fungsinya sama seperti spakbor belakang. Bentuknya lebih sipel dan elegan. Posisi pemasangannya ke bagian roda agak ke bawah. Hampir mepet dengan ban. Meredam cipratan air dari ban.

Cara Pemasangannya mudah. Brosis hanya tinggal menempelkan bracket atau dudukuan mudguard tersebut ke bagian baut ass roda belakang. Pasang dengan baut dan kencangkan. Bagi yang kreatif, brosis bisa membuat dan mendesain sendiri mud guar tersebut dengan bahan potongan paralon, atau spakbor bekas. Bentuk sesuai dengan selera dan paskan dengan motor. Tapi yang nggak mau repot, bisa beli. Harganya terjangkau kok. Hanya sekitar Rp100.000 – Rp300.000.