NIH, 9 PERKAKAS WAJIB DIBAWA BIKERS



Jalur perkotaan penuh fasilitas dan bengkel membuat bikers merasa nyaman. Namun ketika brosis bermaksud melakukan turing jarak jauh, brosis seyogyanya tidak bersandar kepada rasa nyaman seperti itu. Selama perjalanan berlangsung, brosis tidak hanya menembus dimensi ruang yang beragam. Area perkotaan bahkan hamparan perkebunan atau hutan yang sama sekali tak ada bengkel dan penduduk. Dimensi waktu pun harus ditembus. Malam yang sunyi saat mata para teknisi bengkel terlelap tidur harus brosis lalui.

Lantas bagaimana jika kondisi tidak diinginkan harus dipikul? Sepeda motor mengalami trouble. Sementara Brosis berada di atas jalur yang membujur di tengah gelapnya malam sebuah hutan. Kacau pasti? Hanya persiapan matang yang bisa menjadi penolong saat itu. Berikut diuraikan secara singkat 9 alat vital yang wajib dibawa selama brosis melakukan turing. 

“Saat turing, bikers paling sering membawa kunci T, kunci ring pas, kunci ring dan tang. Tapi jarang bikers yang membawa kunci L blimbing. Coba saja lihat tuh, semua kaliper harus menggunakan kunci L blimbing, kalau mau ganti kampas rem, atau disk belakang menggigit, kan semua harus diatasi dengan kunci L blimbing,” tutur Hasan dari bengkel Sans Motor di Joglo, Jakbar.

Lantas kunci-kunci apa saja yang wajib menjadi perbekalan bikers saat turing? Berikut 9 alat vital yang tidak boleh tertinggal:

  1. Kunci Ring 19-10

Roda adalah bagian sepeda motor yang selalu bergerak. ‘Organ’ ini termasuk salah satu bagian motor yang berhubungan langsung dengan segala guncangan selama perjalanan. Sementara as menjadi titik tumpu guncangan tersebut. Maka tak mengherankan bila, kondisi itu berpotensi membuat mur as roda menjadi kendor. Nah untuk keperluan mengencangkan as roda belakang atau malah harus terpaksa membongkar roda, brosis harus menggunakan Ring 19 -10.

  1. Kunci 14 – 17

Fungsinya sama dengan kunci ring 19 – 10. Namun, kunci ini digunakan untuk roda depan.

  1. Kunci 12-13

Berfungsi untuk mengatasi permasalahan rem. “Jika sewaktu-waktu rem macet, kunci ini bisa menolong. Kunci 12 berguna untuk membuka baut saluran pembuangan angin rem,” kata Hasan lagi. Kunci ini juga berguna untuk mengencangkan rantai sepeda motor sport.

  1. Tang Lancip

Tang Lancip berguna untuk membuka kawat spi pengunci baut as motor. Menggunakan tang ini, kawat spi bisa dilepas secara baik. Terhindar dari kemungkinan patah.

  1. Kunci L Blimbing

Digunakan untuk membuka baut di bagian kaliper rem, dan untuk membuang angin rem di bagian belakang. Bengkel kecil bisa dipastikan memiliki kunci ring pas. Tapi tidak semua bengkel kecil memiliki kunci L Blimbing.

  1. Obeng Minus

Beberapa baut bodi dan baut kutup aki bisa dibongkar pasang dan dikencangkan menggunakan obeng minus.

  1. Obeng Plus

Berfungsi hampir sama dengan obeng minus. Digunakan untuk mengencangkan maupun untuk mmbuka baut kutup aki maupun baut bodi.

  1. Kunci L Biasa

Digunakan untuk membuka baut-baut bodi. “Nah, kunci yang satu ini menolong saat aki motor bermasalah. Kan brosis harus membuka bodi dulu,” papar pria ramah ini.

  1. 10 – 11

Berfungsi untuk mengencangkan rantai motor bebek, jika brosis turing mengendarai sepeda motor tipe bebek.